Nokia Ciptakan Tablet Mercury Setelah Putus dari Microsoft, Seperti Apa ?

Lepas dari Microsoft, Nokia Bangkitkan Tablet Mercury?

Sebelum diakuisisi Microsoft, Nokia kabarnya telah menyebarkan sejumlah perangkat mulai dari ponsel, tablet, hingga smartwatch. Namun semuanya dibatalkan Microsoft selepas akuisisi. Dan kini, Nokia coba membangkitkannya kembali.

Hal itu terungkap dari suatu bocoran phone-tablet (phablet) yang diduga milik Nokia. Konon, Nokia berencana merilisnya dengan nama Mercury. Bisa sehingga pengembangannya kembali dilanjutkan Nokia mengingat masa kontrak dengan Microsoft bakal selesai pada akhir Desember 2015 ini.

Di klausul akuisisi antara Nokia serta Microsoft, produsen Finlandia ini dilarang mengeluarkan produk-produk baru dengan nama Nokia. Namun waktunya dibatasi hingga akhir Desember 2015, selepas itu Nokia seharusnya kembali leluasa pakai mereknya sendiri lagi.

Microsoft sendiri telah mulai mengganti embel-embel nama Nokia yang ada di seri handphone Lumia dengan nama perusahaannya. Sepertinya keputusan ini ada kaitannya dengan hampir habisnya lisensi penggunaan nama Nokia di handphone Microsoft.

Sayang tidak ada info soal semacam apa spesifikasi yang bakal diusung oleh phablet Mercury kepunyaan Nokia nantinya. Namun tidak menutup kemungkinan Nokia akan membenamkannya dengan OS Android, sama semacam yang sempat dilakukannya di tablet Nokia N1.

Yang luar biasa adalah, bocoran penampakan ini diungkap oleh Evan Blass. Sang pemilik akun @evleaks di Twitter ini dikenal kerap membocorkan perangkat-perangkat yang hampir tentu diluncurkan. Atas dasar itu, dapat sehingga phablet Mercury ini telah masuk agenda Nokia untuk sehingga jajaran handphone pertamanya.

Terlihat dari bocorannya, phablet Mercury mengusung kamera belakang yang lokasinya agak tidak biasa yakni terlalu ke tengah. Kemudian bodinya masih dipertahankan berdesain unibodi, yang berujung dengan penempatan kartu SIM dengan metode slot.