Telkom Manjakan Pelaku UKM Dengan ZAPA

Telkom Manjakan Pelaku UKM Dengan ZAPA - BeritaTerkini, Pelaku usaha kecil menengah (UKM) tengah dimanjakan oleh PT Telkom Indonesia. Pasalnya para pelaku UKM tidak susah lagi dalam mencari info produk, info billing, tracking proses order, near me (informasi terdekat) dana lain-lainnya. Hanya memiliki satu akun sosial media pelaku UKM secara otomatis bisa menggunakan segala fasilitas yang disediakan, aplikasi tersebut dikenal dengan ZAPA customer relationship management (CRM), sebuah mobile applikasi.

Sebagaimana yang kami lansir dari Republika disebutkan, ZAPA sebagai media komunikasi antar-UKM untuk meningkatkan peluang pasar bagi UKM. Hal ini karena ZAPA memliki fitur informasi seputar UKM dan direktori UKM. 

ZAPA, Solusi Bisnis untuk Para UKM Indonesia
Telkom Manjakan Pelaku UKM Dengan ZAPA
“ZAPA memberikan kemudahan mendapatkan layanan ICT dan memantau perkembangan order/penanganan pangaduan. Melakukan pembayaran tagihan produk Telkom secara langsung dan transaksi bisnis antar-UKM. Kapan saja dan dimana saja,” tulis PT Telkom.

ZAPA, diambil dari kata ‘sapa’ memang merupakan mobile apps yang bertujuan sebagai media komunikasi antara Telkom dan UKM maupun komunikasi antar sesama UKM. ZAPA terdiri atas dua kategori utama yaitu My Telkom dan My UKM dengan fitur-fiturnya.

Untuk My Telkom fitur terdiri dari profil UKM yang mendaftar di ZAPA, deskripsi produk – produk Telkom yang bermanfaat bagi UKM. UKM juga dapat melakukan order produk Telkom tersebut langsung dari aplikasi ini, UKM yang sudah melakukan order produk Telkom dapat melihat status delivery ordernya pada menu ini, informasi tagihan dari produk Telkom yang digunakan oleh UKM, informasi kantor Telkom dan lokasi UKM lainnya yang terdekat ke lokasi UKM saat itu, dan layanan pengaduan terhadap produk / layanan Telkom yang dapat dilakukan via Live Chat langsung dari mobile maupun pengaduan via telepon 500250

Sedangkan untuk My UKM terdiri dari jadwal event yang berkaitan dengan UKM, iinfo seputar UKM yang dibagi dalam beberapa direktori sesuai bidang usaha UKM, media komunikasi antar UKM dan Telkom, baik terkait topik produk produk Telkom maupun topik seputar pengembangan bisnis UKM.

Kesimpulannya, aplikasi Zapa bisa didownload Playstore Google Play dan langsung install di mobile gadget atau bisa login dengan menggunakan akun facebook ataupun register langsung pada aplikasinya. 

Dengan ZAPA diharapkan para pelaku UKM lebih memiliki peluang dalam mengembangkan bisnisnya dengan peningkatan transaksi atas produk dan jasa yang ditawarkan. Baca Juga (Prosesor Terbaru Google Glass)