Polisi Dubai Pakai Kacamata Berteknologi Tinggi

Polisi Dubai Pakai Kacamata Berteknologi Tinggi - Polisi Dubai, Uni Emirat Arab, menggunakan Google Glass dalam melaksanakan tugas keseharian. Penggunaan kacamata pintar ini disinyalir bisa membantu tugas kepolisian dalam identifikasi dengan waktu yang singkat. Perangkat canggih ini sebenarnya masih menjadi pro dan kontar di tempat asalnya, Amerika Serikat.

Sementara itu menurut Direktur Polisi Lalu Lintas Dubai Kolonel Saif al-Mazroui Muhari, penggunaan Google Glass akan sangat membantu mempermudah kerja polisi dengan teknologi terbaru yang dimilikinya. 

Polisi Dubai Pakai Kacamata Berteknologi Tinggi
Polisi Dubai Pakai Kacamata Berteknologi Tinggi / Tempo

"Kamera pada kacamata cerdas ini langsung terhubung dengan kantor operasi kami. Petugas yang berada di tempat kejadian dapat mengirim laporan langsung dan merekam pelanggaran. Polisi dapat mengeluarkan denda berdasarkan besar dan kecilnya pelanggaran lalu lintas," kata Muhari, seperti dilaporkan Arabian Supply Chain, Senin, 27 Oktober 2014 lalu. 

Muhari menambahkan, Goolge Glass dapat dengan mudah mengidentifikasi kendaraan yang sedang dicari polisi. Petugas hanya perlu memindai pelat nomor mobil dan mengakses semua catatan polisi. "Begitu ada mobil yang memang sudah diincar, polisi akan langsung memberikan laporan dari database," kata Muhari. 

Dengan demikian kepolisian Dubai menjadi instansi pertama di Uni Emirat Arab yang menggunakan Goolge Glass. Dan warga disana pun juga bisa memnafaatkan Goolge Glass untuk melaporkan pelanggaran lalu lintas yang saat itu terjadi di lingkungan mereka, karena aplikasi Police yang tertanam di kacamata tersebut terhubung dengan kantor polisi terdekat.