Komputer Kuno Apple 1 Terjual 10 Milyar

Komputer Kuno Apple 1 Terjual 10 Milyar - Museum Henry Ford di Dearborn, Negara Bagian Michigan, berani mengeluarkan uang US$905.000.untuk membeli salah satu komputer Apple pertama, untuk menambah koleksi musium tersebut.

Harga yang dibayar mahal musium Henry Ford itu jauh diluar dugaan. Semula komputer kuno itu diperkirakan laku terjual US$350.000 hingga US$400.000.

Komputer Kuno Apple 1 Terjual 10 Milyar
Komputer Kuno Apple 1 Terjual 10 Milyar / BBC UK

Lelang Komputer Apple-1 yang dimenangkan musium Hendry Ford tersebut terjadi di rumah lelang Bonham, New York, dan menjadikan lelang kali itu sebagai penjualan komputer paling mahal sedunia.

Cassandra Hatton, pakar bidang lelang sains, mengatakan komputer Apple-1 yang dilelang dalam kondisi luar biasa bagus.

"Kami sangat gembira memecahkan rekor penjualan komputer kuno dan bahkan lebih gembira komputer itu menuju rumahnya yang baru di Museum Henry Ford," kata Hatton.

Komputer Apple-1 yang dilelang dilengkapi motherboard utuh, papan ketik, monitor merk Sanyo, pasokan tenaga yang dibuat khusus dan ditempatkan di kotak kayu, serta dua pemutar kaset.

Menurut rumah lelang Bonham, sebagaimana dikutip kantor berita AFP, Apple-1 yang dilelang merupakan satu dari 50 unit yang dibuat Wozniak pada musim panas 1976.