Ragam Olahan Khas Indonesia

Masakan khas Indonesia merupakan pencerminan beragam budaya dan tradisi di negeri kita yang memegang tempat penting dalam budaya nasional. Secara umum hampir seluruh masakan Indonesia kaya bumbu yang berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren. Di  Indonesia tentu saja banyak jenis rempah-rempah seperti ini karena Indonesia merupakan negara Agraris yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian di bidang pertanian.

olahan khas indonesia
Indonesia dikenal dengan keanekaragaman budayanya, sehingga pada masakan pun terdapat banyak ragamnya. Belum lagi tercampur  oleh budaya asing yang dipadukan dengan tradisi lokal  yang membuat masakan semakin bervariasi dan tentunya semakin lezat. Seperti rendang Padang yang sudah sangat terkenal,dulu masakan ini dimasak biasa saja dengan khas rasanya yang pedas. Tetapi  seiring dengan kemajuan jaman, rendang diolah dengan cara di asap. Rendang asap mulai terkenal saat ini, karena dengan cara dimasak demikian makanan ini terasa lebih enak dan dagingnya pun lebih terasa empuk. Namun, memasak seperti ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama agar tingkat kematangan daging baik. Perpaduan tradisi ini sangat mengundang inspirasi masyarakat kita untuk terus berkreasi. Tetapi dengan catatan tidak mengurangi bahkan menghilangkan tradisi pada masakan tersebut.

Olahan ini menjadikan inspirasi masyarakat untuk terus berkreasi membuat masakan khas Indonesia. Dapat juga mengundang wisatawan asing agar tetap menyukai Indonesia yang terkenal akan keanekaragaman budayanya dan tentunya makanannya. Ketekunan dan kemauan akan menjadi salah satu upaya agar kita dapat selalu menjaga tradisi budaya di negeri ini.