Pantai Boom Kota Tuban

Pernah lihat air tawar di pantai ? Berkunjung ke kota tuban – Jawa Timur terasa kurang lengkap dan sayang jika tidak menyempatkan diri mengunjungi wisata Pantai Boom Tuban. Pasalnya, wisata yang berada di pusat kota dan sekitar 200 meter arah utara dari alun-alun Tuban ini merupakan jejak kejayaan Tuban di masa lampau. Menurut  literatur sejarah, pada masa itu Pantai Boom Tuban ini merupakan pelabuhan kuno yang menjadi tempat lintasan dan transit  perdagangan antar daerah dan Negara.

pantai boom tuban
Di pantai Boom Tuban yang asri dan indah ini pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dengan berbagai aktivitas nelayannya . Yang menarik,  di pantai juga terdapat sebuah sumber air  yang unik  karena airnya berasa tawar. Padahal lokasinya tepat berada di tepi pantai. Di sana terdapat dua sumur tawar yang berada di sebelah  kanan dan kiri tak jauh di belakang  loket tiket.

Tirta Jaladri. Sebelum Pantai Boom ini dibangun dan dikembangkan sebagai tempat wisata sejak tahun 2011, saat itu hanya terdapat   satu sumber air tawar di sebelah timur  yang terlihat dan benar-benar berada di tepi pantai. Nelayan biasanya mengambil air itu sebagai bekalnya selama melaut. Beberapa pengunjung yang merasa penasaran juga tak jarang menimba air di sumber itu dan mencicipi rasa airnya untuk membuktikan kebenaran rasa tawarnya.