Nelson Mandela Wafat, Dunia Berduka

Nelson Mandela Wafat, para pemimpin dunia ikut berbelasungkawa. Kebesaran nama Nelson Mandela sudah sangat tersohor karena dia memegang peranan penting, pelopor danti rasis kulit berwarna di Afrika. Nelson Mandela , pemimpin Afrika Selatan dan berjuang dari belenggu apartheid ke demokrasi multi - rasial dan menjadi ikon internasional perdamaian dan rekonsiliasi , meninggal Kamis pada usia 95 .

Dipenjara selama hampir tiga dekade untuk perjuangannya melawan pemerintahan minoritas kulit putih , Mandela muncul bertekad untuk menggunakan prestise dan karismanya untuk menurunkan apartheid sambil menghindari perang saudara .

" Waktu untuk penyembuhan luka telah datang . Saat untuk menjembatani jurang yang memisahkan kita telah datang , " kata Mandela dalam pidato penerimaannya untuk menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan pada tahun 1994 .

" Kami memiliki , pada akhirnya, mencapai emansipasi politik kita . "

nelson mandela


Presiden Barack Obama memuji Mandela sebagai pemimpin yang meninggalkan negaranya dengan warisan kebebasan dan perdamaian dengan dunia .

" Dia mencapai lebih dari yang bisa diharapkan dari siapa pun, " kata Obama di Gedung Putih tak lama setelah pengumuman kematian Mandela .

" Hari ini dia pergi ke rumah , dan kita telah kehilangan salah satu manusia paling berpengaruh , berani dan mendalam baik bahwa setiap dari kita akan berbagi waktu dengan di bumi ini , " kata Obama .

Pengumuman Presiden Jacob Zuma kematian Kamis mengguncang Afrika Selatan . Jalan-jalan di Pretoria modal dan dari Johannesburg yang dipetieskan , dan bar dan klub malam , musik dimatikan sebagai orang-orang berkumpul untuk diam-diam berbicara tentang berita .

Sebuah Zuma muram mengatakan bangsa dalam pidato televisi bahwa Mandela " diteruskan damai di perusahaan keluarganya sekitar 20h50 pada 5 Desember 2013 " .

" Dia sekarang beristirahat . Dia sekarang damai , " kata Zuma .

Upeti mulai banjir di hampir segera untuk seorang pria yang adalah simbol global perjuangan melawan ketidakadilan dan rekonsiliasi rasial .

Perdana Menteri Inggris David Cameron menyebut Mandela " pahlawan waktu kita " . " Sebuah cahaya besar telah pergi keluar di dunia, " katanya .

Pujian juga datang dari para pemimpin Afrika . Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengatakan kematian " akan menciptakan kekosongan besar yang akan sulit untuk mengisi benua kami . "

Perdana Menteri Israel , Benjamin Netanyahu mengatakan Mandela adalah "salah satu tokoh yang paling terhormat waktu kita ... orang yang punya visi , pejuang kemerdekaan yang menolak kekerasan . "
" Hari kebebasan pejuang besar , Nelson Mandela telah meninggal , salah satu simbol yang paling penting di dunia kebebasan , " kata Moussa Abu Marzouk , seorang pejabat senior dari kelompok Islam Palestina Hamas , menyebut Mandela " salah satu pendukung terbesar dari tujuan kita . "

Di Venezuela , Presiden Nicolas Maduro menyatakan tiga hari berkabung nasional .

" Sembilan bulan sejak meninggalnya comandante kami ( Hugo Chavez ) , raksasa lain dari masyarakat dunia meninggal hari ini . Madiba Anda akan hidup selamanya ! " Maduro mengatakan pada Twitter .

Afrika Selatan biasa berada di shock. " Rasanya seperti itu ayah saya yang telah meninggal . Ia adalah seorang pria yang baik , yang memiliki nilai-nilai yang baik bangsa bisa melihat sampai. Dia adalah seorang panutan seperti para pemimpin kita hari ini , " kata Annah Khokhozela , 37 , pengasuh , berbicara di Johannesburg .

Pelayat berkumpul di luar rumah Mandela dan upeti spontan bermunculan di seluruh dunia .

The Apollo Theater yang terkenal di lingkungan Manhattan Harlem , yang mengunjungi Mandela pada tahun 1990 , menyalakan tenda dengan kata-kata : " . Dalam memori Nelson Mandela ... Dia mengubah dunia kita "

Di Washington , bunga dan lilin yang ditetapkan di dasar patung Mandela di luar Kedutaan Besar Afrika Selatan .

Di luar rumah tua Mandela di Vilakazi Street, Soweto , kerumunan orang , beberapa dengan bendera Afrika Selatan tersampir di sekitar mereka , berkumpul untuk menyanyikan lagu-lagu pujian dari negarawan yang dihormati . " Mandela Anda membawa kita damai " adalah salah satu lagu .

" Saya memiliki perasaan campur . Saya senang bahwa ia sedang istirahat , tapi aku juga sedih melihat dia pergi , " kata Molebogeng Ntheledi , 45 , yang mencerminkan campuran hormat dan pengunduran diri dengan yang Afrika Selatan telah mengikuti perjuangan Mandela melawan penyakit .

Tokoh nasional yang cepat untuk mengecilkan kekhawatiran diungkapkan oleh minoritas yang berlalunya konsiliator besar dapat mengakibatkan lagi untuk pengembalian ketegangan rasial dan politik yang disiksa Afrika Selatan selama era apartheid .

" Untuk menunjukkan bahwa Afrika Selatan akan naik dalam nyala api - karena beberapa telah diperkirakan - adalah untuk mendiskreditkan Afrika Selatan dan warisan Madiba itu , " lain pemimpin anti - apartheid veteran , mantan Uskup Agung Cape Town Desmond Tutu , mengatakan . " Madiba " adalah nama klan Mandela .

" Matahari akan terbit besok , dan hari berikutnya dan berikutnya ... Tidak mungkin muncul sebagai terang seperti kemarin , tapi hidup akan terus , " kata Tutu dalam sebuah pernyataan upeti .

SOUTH AFRICA " KEHILANGAN AYAH "

Hilangnya sosok terkenal sebagai pembawa damai datang pada saat Afrika Selatan , yang basked dalam goodwill global ketika apartheid berakhir , telah mengalami kerusuhan buruh berdarah , protes yang berkembang terhadap layanan yang buruk , kemiskinan , kejahatan dan pengangguran dan skandal korupsi mencemari aturan Zuma .