Kekhasan Penganan Tradisional

Jajanan pasar kini tak lagi hanya dapat dijumpai di kawasan pasar, tetapi toko-toko kue berskala besar pun telah menyediakan makanan jenis tersebut. Beberapa toko kue yang terkenal seringkali memajang makanan-makanan ringan tersebut di etalase toko. Meskipun begitu, ada beberapa hal tidak tergantikan ketika kita menikmati penganan tradisional tersebut ketika membelinya di tempat tertentu dibanding di toko kue.

Membeli kue pasar, seperti serabi misalnya, di tempat tradisional biasanya kita disuguhi oleh keramahan penjualnya sehingga akan terjadi interaksi satu sama lain. Tidak hanya itu, tempat menjual makanan tersebut biasanya dipenuhi oleh tetangga-tetangga yang juga turut membeli makanan tersebut. Adanya pertemuan ini biasanya akan mengakrabkan silaturahmi dalam suatu komunitas. Bonus lainnya, adanya teh hangat yang diberikan secara cuma-cuma. Teh hangat ini juga memberikan kesegaran tambahan yang menjadi pelengkap penganan tradisional.




penganan tradisional


Ada kenangan tersendiri ketika kita membeli makanan tradisional tersebut, memori pun kembali pada beberapa waktu ke belakang ketika dulu bersama ayah atau ibu berbelanja di pasar, pasti pulangnya merengek meminta dibelikan jajanan pasar yang banyak. Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang dibuat secara tradisional ini lebih aman untuk dikonsumsi jika dibandingkan dengan makanan ringan yang dibuat pabrik makanan. Makanan pabrik ini sering menggunakan bahan-bahan kimia buatan yang apabila dikonsumsi berlebihan akan mengganggu metabolisme tubuh. Berbeda dengan makanan pasar yang sebagian besar bahannya berasal dari alam.