Hal Boros yang Sering Tak Disadari

Menghemat air dan listrik, mengatur penggunaan AC dan lampu, sudahkah kita melakukannya? Dalam kehidupan rumah tangga tanpa disadari banyak hal-hal boros yang kita lakukan yang sebenarnya bisa diminimalisir. Bukan hanya memiliki efek terhadap pola hidup kita sendiri namun juga memiliki kontribusi agar ikut menjaga lingkungan sekitar. Apa saja hal-hal boros tersebut dan bagaimana cara menguranginya?

Batasi Konsumsi Listrik di Dapur

hemat listrik
Kegiatan memasak bisa membuat konsumsi listrik dalam rumah tangga menjadi boros. Padahal dapur boleh dibilang akan selalu mengepul khususnya bagi kita yang hobi masak dan memiliki anggota keluarga yang cukup banyak untuk diberi makan tiap hari. Tentu memasak bukanlah hal yang salah, namun harap pula untuk diperhatikan seberapa sering daya dan peralatan listrik didapur menyumbang energi listrik yang boros.

Atur pemakaian AC/Pendingin Ruangan

Pilih AC sesuai dengan besar ruangan, untuk ruang kecil gunakan saja AC kecil yang hemat energi. Untuk malam hari gunakan pengatur waktu sehingga ketika ruangan sudah dingin dan udara pagi tidak terlalu panas, AC bisa langsung mati. Akan lebih baik mengurangi penggunaannya dan lebih baik membuka jendela rumah saja sebagai opsi lain. Biarkanlah sesekali kita menikmati hawa sejuk yang alami dan segar.

Hemat Lampu

Jika ada ruang yang tidak cukup cahaya dan memerlukan penerangan lampu, ini perlu dibenahi. Bisa dengan cara melubangi langit-langit dan mengganti genteng dengan genteng transparan agar cahaya matahari bisa langsung masuk. Ruangan pun tidak menjadi lembab dan listrik bisa dihemat.

Hemat Menyetrika Pakaian

Ini juga menjadi masalah boros dirumah tangga. Sering sekali kita menyetrika hanya 1-2 helai baju saja, padahal ini sangat boros listrik karena setiap kali menyetrika memerlukan daya yang lumayan besar untuk memanaskan elemennya. Lebih baik sediakan waktu seminggu sekali menyetrika baju agar lebih hemat.

Menggunakan Air Secara Cermat

Boros juga bisa muncul dari kebiasaan memakai air untuk mandi. Gunakanlah air secara cermat dan hanya sesuai kebutuhan. Memakai shower, membilas toilet tidak terlalu sering, mematikan keran sehabis mandi adalah cara-cara kecil namun efektif dalam menghemat air.