Tips membersihkan gigi

Selain memilih sikat gigi dan pasta gigi yang tepat, menjaga kesehatan gigi dan mulut juga perlu didukung dengan cara menyikat gigi yang benar. Beberapa orang mungkin masih menganggap sepele masalah kesehatan mulut dan cenderung asal-asalan dalam menggosok gigi. Kesehatan gigi adalah sesuatu yang penting dan berikut adalah cara yang benar dalam membersihkan gigi.

Membersihkan gigi


1. Pegang sikat dengan sudut 45o dan sikat gigi dari arah gusi ke gigi. Lakukan dengan gerakan vertikal atau memutar. Jangan terlalu keras dalam menyikat gigi. Cukup beri tekanan lembut agar tidak terjadi resesi gusi.

2. Sikat dengan lembut bagian luar permukaan gigi. Sikat gigi bagian atas dan bawah, depan hingga belakang yang agak susah dijangkau. Lakukan dengan gerakan maju mundur.

3. Dengan gerakan naik turun menggunakan setengah bagian depan sikat untuk, sikat bagian sela gigi. Sedangkan untuk menyikat lidah, gunakan sikat bagian belakang degan lembut. Lakukan dengan gerakan dari belakang ke depan agar bakteri penyebab bau mulut bisa hilang.

4. Untuk bagian dalam, sikat dengan gerakan vertikal dan mencungkil untuk mengais sisa makanan yang tertinggal.
Selain dengan cara menyikat gigi yang baik, kita juga perlu rajin dalam membersihkan gigi. Sikat gigi selama kurang lebih 2 menit setiap selesai makan dan sebelum tidur. Cukup berkumur sekali supaya bahan aktif pasta gigi bisa bertahan lebih lama di dalam mulut.

Admin rasa artikel tips membersihkan gigi ini bisa menjadi tambahan wawasan kita bersama